Rabu Sedekah, Cara Polisi Gresik Membantu Sesama | Liputan 24 Jawa Timur
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Rabu Sedekah, Cara Polisi Gresik Membantu Sesama

Posted by On 4:31 AM

Rabu Sedekah, Cara Polisi Gresik Membantu Sesama

Rabu 06 Desember 2017, 14:11 WIB Rabu Sedekah, Cara Polisi Gresik Membantu Sesama Imam Wahyudiyanta - detikNews Rabu Sedekah, Cara Polisi Gresik Membantu SesamaAnggota Sat Lantas Polres Gresik bersedekah di Rabu sedekah (Foto: istimewa) Gresik - Satlantas Polres Gresik mempunyai cara tersendiri untuk berbagi kepada sesama. Rabu Sedekah namanya. Setiap hari Rabu, tiap anggota bersedekah yang hasilnya digunakan untuk kegiatan sosial dan membantu sesama.
"Sebenarnya kegiatan ini sudah saya lakukan saat bertugas di Mojokerto. Kemudian program positif ini coba saya tularkan di sini," ujar Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha A rdilestanto kepada detikcom, Rabu (6/12/2017).
Wikha mengatakan, Rabu Sedekah dilakukan setelah apel pagi di Satpas Polres Gresik di Perumahan Bhakti Pertiwi, Randuagung. Apel diikuti seluruh anggota Sat Lantas Polres Gresik atau sekitar 107 anggota, kecuali yang piket jaga. Saat apel, materi yang diberikan lebih berupa tausyiah. Setelah apel 'tausyiah' selesai, satu persatu anggota memasukkan sedekahnya ke dalamm sebuah kotak kayu yang telah disediakan.
"Jumlah sedekahnya cukup banyak. Setiap Rabu bisa terkumpul sekitar Rp 3 juta," kata Wikha.
Wikha sudah menjalankan program ini sejak dia menjabat atau empat minggu lalu. Dan hasil program ini sudah langsung bisa digunakan. Pada 26 Oktober 2017, dua balita di Gresik harus diamputasi kaki kanannya setelah terlindas truk kontainer. Wikha menggunakan dana sedekah tersebut untuk membuatkan kaki palsu bagi dua balita tersebut.

Sedekah dilakukan setelah apel di Satpas Polres GresikSedekah dilakukan setelah apel di Satpas Polres Gresik (Foto: istimewa)

"Sedekah ini kami gunakan untuk kaki palsu bagi dua korban. Saat ini kami menunggu kaki yang luka kering dahulu, kemudian kaki palsu dipasang," lanjut Wikha.
Sedekah selanjutnya, kata Wikha, bakal digunakan untuk membantu sesama dan kegiatan sosial yang lain. "Kalau ada yang rumahnya perlu diperbaiki, kami bedah rumah. Atau ada misalnya gelandangan yang perlu dibantu, maka kami bantu," jelas Wikha.
Dari sedekah, Akpol lulusan tahun 2007 ini akan menggagas program zakat untuk anggota. Zakat adalah sesuatu yang wajib dan termasuk dalam rukun Islam. Tetapi kebanyakan umat muslim hanya ingat pada zakat fitrah, namun sering lupa pada zakat harta (mal).
"Orang ingatnya zakat fitrah tapi zakat mal nya lupa. Nanti zakat nya disalurkan ke fakir miskin atau lembaga zakat," tandas Wikha
(iwd/fat)Sumber: Google News | Liputan 24 Gresik

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »