Pemkot Surabaya Siap 15 Miliar Untuk Pembebasan Lahan Warga ... | Liputan 24 Jawa Timur
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Pemkot Surabaya Siap 15 Miliar Untuk Pembebasan Lahan Warga ...

Posted by On 7:07 AM

Pemkot Surabaya Siap 15 Miliar Untuk Pembebasan Lahan Warga ...

Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Siap 15 Miliar Untuk Pembebasan Lahan Warga di Kawasan Konservasi Pamurbaya

Pemkot Surabaya telah menyiapkan anggaran Rp 15 Miliar pada 2018 mendatang untuk membebaskan lahan warga di kawasan konservasi Pamurbaya.

Pemkot Surabaya Siap 15 Miliar Untuk Pembebasan Lahan Warga di Kawasan Konservasi Pamurbayasurya/ahmad zaimul haqLahan tambak dan hunian di kawasan Gunung Anyar Tambak, Kamis (16/2/2017). Sebanyak 2500 hektar lahan di Pamurbaya ditetapkan sebagai lahan konservasi pada tahun 2013 termasuk hunian warga.

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya akan membebaskan lahan milik warga yang termasuk da lam kawasan konservasi pantai timur Surabaya (Pamurbaya).

Selanjutnya, lahan konservasi tersebut akan dimanfaatkan untuk mewujudkan pembangunan kawasan lindung di kawasan pesisir.

Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya Maria Theresia Rahayu mengatakan, tahun ini sudah ada alokasi anggaran di APBD 2018.

Anggaran yang disiapkan untuk pengadaan lahan Pamurbaya melalui pembebasan tanah dan bangunan milik warga, besarnya mencapai Rp 15 miliar.

"Tahun depan kami akan membebaskan lahan milik warga yang masuk dalam penetapan kawasan konservasi Pamurbaya, sudah ada alokasi anggaran untuk dibebaskan di tahun depan," kata Yayuk, Minggu (31/12/2017).

Akan tetapi, program pembebasan lahan warga di Pamurbaya itu tidak bisa serta-merta dilakukan.

Pasalnya, hal itu masih terkendala penetapan lokasi dari badan pertanahan. Jika penetapan lokasi itu sudah keluar, baru pembebasan lahan bisa dilakukan oleh Pemkot.

"Total ada sebanyak 241 hektar lahan yang akan kami bebaskan di Pamurbaya. Nah karena luasannya lebih dari lima hektar maka harus ada penetapan lokasi. Setelah penetapan lokasi keluar baru kita bisa appraisal dan melakukan proses pembebasan," ucapnya.

Lebih lanjut, Yayuk menyebutkan, lahan yang dibebaskan di Pamurbaya diprioritaskan adalah batas terluar yang berhimpitan dengan lahan warga serta yang lahannya sudah berbentuk pemukiman. Sehingga bisa segera dibebaskan dan diubah peruntukannya untuk kawasan lindung.

"Kalau untuk kawasan yang kami prioritaskan untuk dibebaskan di tahun 2018 adalah Gunung Anyar Tambak. Termasuk kawasan yang saat ini menjadi tanah kavlingan," ucap Yayuk.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Fatimatuz Zahro Editor: Eben Haezer Pan ca Ikuti kami di Berita Ayu Ting Ting Belanja Habis Puluhan Juta Tapi Tak Bisa Bayar Viral, Begini Kronologinya Sumber: Google News | Liputan 24 Surabaya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »