Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Libatkan Komunitas, Kampung-Kampung Tematik Kota Malang Jadi ...

Posted by On 6:21 AM

Libatkan Komunitas, Kampung-Kampung Tematik Kota Malang Jadi ...

Libatkan Komunitas, Kampung-Kampung Tematik Kota Malang Jadi Primadona Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi dan Prioritas Pengembangan Kawasan Berbasis Komunitas Barenlitbang Kota Malang. (Foto: Facebook Barenlitbang Kota Malang) Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi dan Prioritas Pengembangan Kawasan Berbasis Komunitas Barenlitbang Kota Malang. (Foto: Facebook Barenlitbang Kota Malang)

MALANGTIMES - Kampung-kampung tematik terus bermunculan di Kota Malang. Beberapa di antaranya bahkan telah menjadi jujukan wisatawan nusantara hingga mancanegara. Misalnya Kampung 3G (Glintung Go Green), Kampung Warna-Warni, dan lain-lain.

Itu semua tidak lepas dari senruhan tangan dingin Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang. Lembaga tersebut bahkan telah membuat project list atau daftar proyek pengembangan kampung-kampung tematik lainnya.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Barenlitbang Kota Malang Anis Januar mengungkapkan, konsep pengembangan kampung tematik sebenarnya didasarkan pada penanganan kawasan berbasis komunitas.

"Semakin berkembangnya kota tentu semakin banyak pekerjaan rumah, salah satunya soal pengentasan kemiskinan, isu lingkungan, budaya. Nah, Barenlitbang memfasilitas i komunitas-komunitas di masyarakat untuk berkontribusi membangun kotanya," ujar Anis.

Menurutnya, dengan melibatkan komunitas maka akan ada komitmen berkelanjutan baik dari pemerintah dan masyarakat. Masyarakat juga bisa berdaya dengan mengeksplorasi potensi yang ada di sekitarnya.

Anis menyebut, setidaknya ada sekitar 76 konsep yang digodok pada 2016 lalu. Pada 2017 ini, sebanyak 15 kampung telah mendapat alokasi dana perencanaan teknis dan rintisan pembangunan.

"Baik skala perwujudan serta alokasi anggarannya bervariasi," jelasnya. Selain itu, beberapa konsep lainya juga telah disinkronisasikan dengan program pemerintah pusat, provinsi, maupun menggandeng corporate social responsibility (CSR) dari berbagai perusahaan.

"Praktik inovatif ini telah didengar banyak pihak, baik daerah hingga level nasional. Sehingga banyak pemerintah daerah lain yang berkunjung ke Kota Malang khusus untuk mempelajari konsep ini," tambah Anis. Beberapa kota tersebut di antaranya Kota Bogor, Probolinggo, dan Surakarta.

Anis menyebut, telah menjadi komitmen Pemkot Malang untuk memberi ruang partisipasi pada publik. Juga menguatkan sinergitas dengan perguruan tinggi, asosiasi, hingga pihak swasta. "Melibatkan sebuah komunitas masyarakat tentu tidak mudah. Tetapi yang patut dicatat, setiap kampung berhak mewujudkan mimpinya," tegasnya.

Dia menambahkan bahwa, selain melakukan agenda evaluasi pihaknya juga menyiapkan sistem informasi terpadu untuk pengembangan lanjutan dan promosi kampung-kampung tematik. "Kami juga merumuskan prioritas lanjutan serta jejaring kemitraan untuk meningkatkan kapasitas kampung tematik," pungkasnya.

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Angga .
  • Gebyar Festival Pantai Terbesar
  • Kemunduran Sepak Bola Malang Raya
  • Geliat Perjudian Balap Liar di Kota Malang
  • Geliat Bisnis Mode Anak Muda di Malang
  • KPK Geber Pemeriksaan di Kota Malang
Tour AirAsia ← Berita Sebelumnya Ker! Kalau Ingin Usaha Kreatifmu Terpantau, Yuk Ikut Pemetaan Barenlitbang Berita Selanjutnya â†' Generasi Kekinian, Ini Lhoo Tiga Prioritas Sektor Ekonomi Kreatif Kota Malang
  • Wali Kota Malang H M. Anton (kiri) dalam acara talk show RadioShow yang digelar di Balai Kota Malang. (Imam Syafii/MalangTIMES)

    Abah Anton Pamer Kampung Tematik Kota Malang di RadioShow

  • Kabag Ops Polresta Malang, Kompol Sunardi Riyono (dua dari kanan) beserta jajaran sedang menjalankan tugas pengamanan konser musik rock kemerdekaan. (Foto: hilmy/malangtimes)

    Polresta Libatkan Aremania dalam Pengamanan Rock Kemerdekaan

  • Kenari, Burung Merdu Jadi Primadona

  • Kasubid Ekonomi dan Keuangan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang Wilstar Sinaga. (Foto: Barenlitbang Kota Malang for MalangTIMES)

    Generasi Kekinian, Ini Lhoo Tiga Prioritas Sektor Ekonomi Kreatif Kota Malang

    Ekonomi kreatif nantinya akan menjadi pilar perekonomian Indonesia di masa yang akan datang. Nah, ini peluang buat kamu, generasi kekinian. Kalau masih bingung ingin berkarya di bidang apa, simak bocoran sektor ekonomi kreatif yang jadi prioritas Kota Mal

  • Kabag Humas Universitas Brawijaya (UB) Kotok Guritno (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

    UB Santuni Keluarga Satpam yang Tewas Dianiaya Temannya di Room Karaoke

    Pimpinan Universitas Brawijaya (UB) menunjukkan kebijaksanaannya terhadap satpam di kampusnya yang tewas dianiaya temannya di room karaoke Studio One. Meskipun statusnya hanya sebatas karyawan outsourcing namun UB tetap memberi santunan kepada korban.

  • Seluruh staf dan pimpinan Dinas PMPST Kabupaten Malang terus melakukan reformasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Sosialisasi merupakan salah satu strategi dalam konteks pelayanan efektif-efisien. (Dok. DPMPST Kab Malang)

    Dulu Sering Dikeluhkan karena Pelayanan Lemot, Kini Tuntas Sudah

    Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu (DPM PST) Kabupaten Malang, dulu seringkali menjadi ruang murka masyarakat yang mengurus berbagai perizinan.

  • Terdakwa Mirna Cempluk (Foto : Istimewa)

    Masih Ingat dengan Kasus Investasi Bodong? Ini Vonis Hakim untuk Pelakunya

    Kasus investasi bodong yang sempat heboh pada Agustus 2017 lalu dan melibatkan Julisa Cancerita alias Mirna Cempluk (32) sebagai terdakwa dalam kasus ini memasuki babak akhir. Pengadilan Negeri (PN) Malang memutus terdakwa dengan vonis hukuman 10 bulan pe

  • K   iri. Kepala Dinas TPHP Kabupaten Malang Nasri Abdul Wahid saat panen padi di Dampit bersama pihak Novelgro, Agus Budi Harja. Pemakaian produk Terra dan Silika di lahan padi ternyata mampu meningkatkan panen sekitar 25% dari biasanya, Rabu (6/12/2017) (Na

    25% Produksi Padi Meningkat, Saatnya Petani Familiar dengan Produk Ini

    Dari satu hektar (ha) lahan padi hanya bisa menghasilkan sekitar 70 ton setiap kali panen. Ini pun bisa terjadi dikarenakan tidak adanya gangguan hama maupun cuaca ekstrem yang melahirkan bencana alam.

  • Sambut Hari Krida Pertanian ke-45 dan Hari Pangan Sedunia ke-37, besok (07/12) di halaman kantor dinas TPHP Kabupaten Malang digelar acara akbar produk dan inovasi unggulan    pertanian. (Dalam foto Meniel W Kabid Hortikultura), Rabu (6/12/2017) (Nana/Malang

    Hari Krida Pertanian ke-45, Ajang Pamer Inovasi dan Produk Unggulan Pertanian Kabupaten Malang

    Serangkaian agenda hari besar pertanian di tahun 2017 akhirnya bermuara besok, Kamis (07/12). Menggabungkan perayaan Hari Pangan Sedunia ke-37 dan Hari Krida Pertanian ke-45, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang menghe

  • Suasana nyaman di Ruang Buku Barenlitbang Kota Malang untuk menggali pengetahuan atau mencari sumber referensi. (Foto: Barenlitbang Kota Malang for MalangTIMES)

    Hobi Baca Buku Unik atau Butuh Referensi Skripsi, Mampir Saja di Perpustakaan Barenlitbang

    Ruang itu terletak di kompleks Balaikota Malang. Tepatnya di gedung Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang.

  • Atasan model batwing bahan tenun yang dipakai Rizky Amelia (foto: Instagram @ameliaelle)

    Pakai Tenun, Anak Muda di Malang Tetap Stylish

    Anak muda pakai tenun? Kenapa enggak! Kain tradisional Indonesia tenun enggak selalu identik dengan pakaian orangtua kok.

  • Aremania Harus Tahu, Ini yang Arema FC Cari Saat Ini

    Jelang memasuki kompetisi musim 2018, Arema FC terus menyiapkan timnya termasuk juga mencari pemain untuk bisa bersaing dengan tim-tim lain.

  • Seorang pengunjung menikmati olahan pisang goreng nugget ala Nanabanana Malang di Pujasera Kampung Kuliner Dinoyo (foto: Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)

    Di Malang Ada Olahan Pisang Goreng Nugge t Menggoda Selera

    Sedang mencari camilan hangat di kala hujan? Coba nih kuliner kekinian asal Makassar yaitu pisang goreng nugget. Di daerah asalnya, pisang goreng nugget menjadi sajian kuliner khas. Nah, enggak perlu jauh-jauh terbang ke Makassar untuk mencicipi sajian ku

  • Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang Erik Setyo Santoso (Foto: Dokumen MalangTIMES)

    Ker! Kalau Ingin Usaha Kreatifmu Terpantau, Yuk Ikut Pemetaan Barenlitbang

    Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang punya gawe keren untuk mewadahi kreativitas anak muda di Kota Pendidikan ini. Lembaga eks Bappeda itu mengajak para pelaku usaha dan industri kreatif di Kota Malang untuk mengikuti

  • Korban yang mengalami luka parah di bagian mata (Foto: Polsek Klojen for MalangTIMES)

    Gara-gara Tak Menggubris, Sopir Angkot Kena Bogem Mentah dari Jukir

    Seorang tukang parkir bernama Faturahman (55) warga sekitara Embong Brantas harus berurusan dengan pihak berwajib setelah melakukan penganiayaan terhadap seorang sopir angkot jurusan AL.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com

Sumber: Google News | Liputan 24 Kota Malang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »