Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kabupaten Bondowoso Juarai Lomba OP Irigasi Tingkat Nasional

Posted by On 4:30 AM

Kabupaten Bondowoso Juarai Lomba OP Irigasi Tingkat Nasional

Kepala Dinas PUPR Karna Suswandi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimulyono saat menerima penghargaan di jakarta. (Samsul tahar/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Sido Makmur Bondowoso menjadi juara satu dalam Lomba OP Irigasi Partisipatif Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) tingkat Nasional.
Penghargaan dari Kementerian PUPR diterima langsung oleh Ketua HIPPA Sido Makmur, Anang Danafiah bersama Kepala Dinas PUPR, Drs. H. Karna Suswandi, di Kantor Kementerian PUPR RI, Jakarta kemarin.
“Saya Persembahkan Juara 1 OP Irigari Partisipatif P3A (HIPPA) Tingkat Nasional Tahun 2017 ini untuk Bondowoso Republik Kopi,” tutur Karna.
Karna mengaku bangga atas prestasi yang diraihnya. Keberhasilan meraih prestasi tertinggi ini dia kuinya tidak lepas dari dukungan penuh Bupati Amin Said Husni, Ketua DPRD Achmad Dhafir dan Sekda Hidayat.
“Berkat dukungan dan arahan beliau prestasi ini bisa kita raih dan membawa harum Bondowoso, terima kasih banyak Pak Bupati, Ketua DPRD, dan Pak Sekda. Saya ucapkan terima kasih juga kepada HIPPA Sido Makmur yang ikut berpartisipasi dan bekerja secara team serta tanpa mengenal lelah sehingga membuahkan hasil yang sangat membanggakan ini,” tuturnya.
Karna juga berkomitmen akan terus memberdayakan HIPPA yang ada di Bondowoso serta meningkatkan ketahanan pangan dan membangun sistem irigasi yang handal dengan mengutamakan peran masyarakat petani.
Karena tidak dapat dipungkiri, petani merupakan ujung tombak irigasi partisipatif dalam keseluruhan tahapannya.
“Karena petani menjadi ujung tombak irigasi partisipatif, mulai dari perencanaan, pelaksanaan pembangunan, operasi, pemeliharan, sampai dengan rehabilitasi.
Keberhasilan HIPPA Sido Makmur meraih prestasi menjadi bukti nyata kami bersama mereka dan semoga menjadi penyemangat bagi yang lain,” tambahnya.
HIPPA Sido Makmur, dijelaskan Karna, merupakan salah satu HIPPA yang mendapatkan pembinaan dari Pemkab Bondowoso melalui Dinas PUPR. Penghargaan yang diraihnya saat ini tentu melalui proses yang panjang dan penuh rintangan.
Bermula pada tahun 2014 lalu, HIPPA Sido Makmur mendapatkan predikat pemenang Pertama HIPPA berprestasi tingkat Bondowoso dan kemudian menjadi juara pertama tingkat Bakorwil Malang.
“Alhamdulilah, setelah menjadi juara 1 tingkat Bakorwil Malang, HIPPA Sido Makmur menjadi juara pertama tingkat Provinsi yang akhirnya menjadi juara tingkat Nasional,” katanya.
Karna menegaskan pihaknya tidak memiliki persiapkan khusus untuk memenangkan lomba HIPPA tingkat Nasional. Ia yakin, HIPPA Sido Makmur secara keorganisasian telah berjalan sesuai dengan visi dan misi serta tugas dan fungsinya.
“Kegiatannya juga sudah berjalan setiap hari dan bukan karen a mengikuti lomba,”sambung pria asal Situbondo ini.
Pengaturan pengelolaan irigasi dari tahun ke tahun, lanjut Karna, semakin menjadi kebutuhan masyarakat petani untuk meningkatkan usaha tani. Kondisi ketersediaan air yang menurun terutama pada musim kemarau memerlukan pengaturan yang optimal sejalan dengan pola tanam yang telah ditetapkan.
“Saya Persembahkan Juara 1 OP Irigari Partisipatif P3A (HIPPA) Tingkat Nasional Tahun 2017 ini untuk Bondowoso Republik Kopi,” pungkasnya.
Sementara itu, Ketua HIPPA Sido Makmur, Anang juga mengaku bersyukur atas hasil sempurna yang diraihnya tersebut.”Alhamdulillah, saya bersyukur dan berterima kasih kepada Kadis PUPR beserta jajarannya yang tidak bosan membimbing dan mendukung sehingga menjadi motivasi tersendiri. Alhasil, kami bisa meraih penghargaan tertinggi ini berkat tangan kreatif dan pemikiran inovatif beliau dan membawa harum nama Bondowoso,” ujar Anang.
HIPPA Sido Makmur sendiri memperoleh nilai akhir sebesar 442,64 atau unggul dari HIPPA Triguna Tirta dari Yogyakarta yang memperoleh nilai akhir sebesar 420,83. Sebelum penilaian lapang yang dilakukan beberapa bulan yang lalu, HIPPA Sido Makmur sempat berada pada posisi kedua setelah HIPPA Triguna Tirta dengan nilai presentasi 275,18. Namun, penilaian terakhir HIPPA Sido Makmur berhasil mengunggulinya. [Har]

Related

Sumber: Google News | Liputan 24 Bondowoso

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »